03 December 2011

Karakteristik Perkembangan Anak Usia 3 - 4 Tahun Berbasis Kecerdasan Jamak

By Yuni "Dee" at December 03, 2011
Masa kanak-kanak khususnya usia 3-5 tahun, pada sebagian besar anak dirasakan seolah-olah sebagai masa yang terpanjang dalam rentang kehidupan. Mengapa demikian ? Karena bagi kebanyakan anak, masa kanak-kanaknya seringkali dianggap tidak ada akhirnya, mereka seringkali merasa tidak sabar menunggu saat yang didambakan yakni pengakuan dari orang di sekitarnya bahwa mereka bukan anak-anak lagi seperti bayi yang penuh dengan ketergantungan melainkan mereka ingin dianggap sebagai "orang dewasa cilik".


Karakteristik Perkembangan Anak Usia 3 - 4 Tahun Berbasis Kecerdasan Jamak

A. Pengembangan Linguistik
  1. Pura-pura membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri.
  2. Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan contoh : ambil mainan di atas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik.
  3. Memahami 3 bahasa isyarat (tangan, kepala, wajah)
  4. Mulai menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya ingin main bola).
  5. Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana.
  6. Mengajukan pertanyaan lebih banyak
  7. Menyebutkan nama benda dan fungsi.
  8. Minta dibacakan buku-buku.
  9. Mengulang sedikitnya 3 benda terakhir yang berurutan disebutkan
  10. Mampu menirukan kembali kata-kata dengan pengucapan yang benar.
  11. Mampu mengenal dan menirukan berbagai jenis suara.
  12. Mampu menyebutkan nama, jenis kelamin dan umur
  13. Mampu menyebutkan nama panggilan teman atau orang lain.
  14. Mampu menjawab pertanyaan sederhana.
  15. Mampu berbicara dengan suara yang cukup terdengar.
  16. Mampu berbicara lancar dengan kalimat sederhana.
  17. Mampu mengungkapkan sesuatu dengan kalimat pendek 3-4 kata.
  18. Mampu mengenal kata yang menunjukkan posisi seperti di atas, di bawah, di depan, di belakang.
  19. Mampu mengenal dan menyebutkan waktu (pagi, siang, malam).
  20. Mampu mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut dan mudah dipahami.
  21. Mampu membuat pertanyaan dengan menggunakan kata "apa", "mengapa", dan "kenapa".
  22. Mampu memberi judul hasil karyanya.
  23. Sudah menunjukkan minat untuk dibacakan buku.
  24. Menunjukkan 6 gerakan orang pada gambar (duduk, berdiri, minum, makan, bertepuktangan, salaman)
  25. Anak tahu bahwa segala sesuatu mempunyai nama

B. Pengembangan Kognitif Logika Matematika
  1. Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau kopi).
  2. Memahami perbedaan antara dua hal jenis yang sama seperti membedakan antara buah rambutan dan pisang, perbedaan antara ayam dan kucing.
  3. Mampu mengenal konsep makna berlawanan kosong-penuh, berat-ringan.
  4. Mampu mengenal ukuran (panjang-pendek, besar-kecil).
  5. Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil - paling besar).
  6. Mulai mengikuti pola tepuk tangan.
  7. Mengenal konsep banyak dan sedikit.
  8. Mengelompokkan benda yang sama dan sejenis.
  9. Menyebutkan 4 bentuk (lingkaran, bujursangkar, segitiga, persegipanjang)
  10. Menyebutkan bilangan 1-10 tanpa mengenal konsep
  11. Mengelompokkan warna (lebih 5 warna) dan menyebutkan warna.
  12. Menghitung 1 sampai 5 benda yang sama.
  13. Membaca peta
  14. Menyebutkan berbagai nama binatang, tanaman, sayuran, biji-bijian

C. Pengembangan Kinestetik - Motorik Kasar
  1. Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola).
  2. Naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian.
  3. Meniti di atas papan yang cukup lebar.
  4. Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak)
  5. Meniru gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat, kupu-kupu terbang, burung terbang
  6. Mampu berjalan pada garis lurus.
  7. Mampu berlari atau melompat di tempat.
  8. Memanjat.
  9. Berjalan di atas papan titian dengan tinggi 20 cm.
  10. Mampu berjalan mundur sejauh 1 meter.
  11. Mampu berjalan dengan jari kaki (berjinjit).
  12. Mampu berdiri di atas salah satu kaki selama 5-10 detik.
  13. Mampu berdiri dengan tumit.
  14. Menendang, melempar, menangkap bola dengan jarak lebih jauh
  15. Melompat dengan satu kaki bergantian.
  16. Mampu melompat dengan 2 kaki sebanyak 4 kali.
  17. Merayap dan merangkak lurus ke depan
  18. Mampu menaiki kursi dan berdiri diatasnya.
  19. Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung jari kaki)
  20. Mampu mendorong, menarik dan mengendarai sepeda roda tiga (koordinasi tampak baik)
  21. Engklek (melompat dengan satu kaki sebanyak 3-5 kali)
  22. Mampu berlari dengan cepat memasang jepit jemuran di baju teman

D. Pengembangan Kinestetik - Motorik Halus
  1. Menuang air, pasir atau biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember).
  2. Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian).
  3. Meronce manik-manik yang tidak terlalu kecil dengan benang yang agak kaku.
  4. Membedakan permukaan 5 jenis benda melalui perabaan.
  5. Menggunting kertas mengikuti pola
  6. Melipat kertas mengikuti garis
  7. Menarik garis datar dan tegak
  8. Membuat lingkaran, segiempat, bujursangkar
  9. Mampu menaburkan manik-manik mengikuti bentuk pola.
  10. Mampu merangkai bunga
  11. Mampu mengaduk campuran air ditambah media lain
  12. Mampu makan sendiri dengan sendok tanpa menumpahkan makanan
  13. Mampu mengupas dan memotong buah
  14. Mampu menusuk sate

E. Pengembangan Kognitif Visual Spasial
  1. Membuat garis lurus, vertikal, melengkung.
  2. Memasang dan mencopot sepatu sendiri
  3. Memasang dan mencopot kancing baju sendiri
  4. Menjahit sederhana dengan berbagai media misal benang wol, tali sepatu.
  5. Menemukan/mengenali bagian yang hilang dari suatu pola gambar wajah orang, mobil dsb.
  6. Mengenali 8 warna dasar
  7. Memecahkan persoalan (tenggelam/mengambang, mur/baut, bermain puzzle)
  8. Mengenal beberapa huruf alphabet

F. Pengembangan Seni - Visual Spasial
  1. Mampu menggambar bebas dengan berbagai media misal pensil warna, crayon, spidol, cat.
  2. Mampu bermain warna dengan berbagai media misal crayon, cat air, spidol.
  3. Melukis dengan jari.
  4. Mampu mewarnai bentuk gambar sederhana.
  5. Mampu berkreasi bebas dengan berbagai media misal pasir pantai, tanah liat

G. Pengembangan Seni - Musikal
  1. Mampu menyanyikan lagu anak-anak dan lagu sederhana.
  2. Menggerakkan tangan, kepala atau kaki jika mendengar musik
  3. Menyanyikan bagian lagu sesuai irama
  4. Bertepuk tangan membentuk irama
  5. Dapat memukul-mukul benda dengan tangan.
  6. Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat

H. Pengembangan Spiritual
  1. Mulai memahami pengertian perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
  2. Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan Tuhan.
  3. Mengikuti nyanyian lagu keagamaan
  4. Mengikuti bacaan doa dengan lengkap sebelum melakukan kegiatan dan menirukan sikap berdooa.
  5. Menirukan kegiatan beribadah dengan tertib (sholat, berwudhu)
  6. Menyebutkan contoh ciptaan Tuhan secara sederhana
  7. Menyebut nama Tuhan yaitu Allah
  8. Mengucapkan salam
  9. Biasa menggunakan kalimat toyyibah sesuai situasi kondisi
  10. Mengenal makna syukur kepada Allah ketika mendapat banyak kenikmatan yang Allah berikan
  11. Mengenal tentang sifat-sifat Allah : Maha Esa, Ar Rahim (Maha Penyayang), Ar Rahman (Maha Pemberi)
  12. Mampu berpartisipasi dalam hal keagamaan.
  13. Menunjukkan rasa senang jika mendengar cerita keagamaan.
  14. Mampu menyanyikan lagu-lagu keagamaan.
  15. Mengenal sifat-sifat yang dimiliki Rasulullah sejak masih kecil (jujur, hormat ortu, rajin, penyayang, sopan, pemberani, amanah, cerdas)
  16. Mampu mengucapkan 2 kalimat syahadat
  17. Mulai memahami siapa Rabbnya, Nabinya, agamanya, kitabnya
  18. Mulai memahami tata cara berzakat dan tujuan berzakat
  19. Mampu menyebutkan sifat/sikap yang bagaimana yang akan menyebabkan dia disayang Allah
  20. Mampu mengamalkan mengucap Bismillahirohmanirokhim ketika memulai segala sesuatu
  21. Mampu membedakan ciptaan Allah dan ciptaan manusia
  22. Mau berinfak

I. Pengembangan Interpersonal
  1. Menyayangi orang tua, orang di sekeliling, teman, guru, pembantu, binatang dan tanaman.
  2. Mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (dengan dorongan)
  3. Mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong)
  4. Menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak.
  5. Menirukan kegiatan/pekerjaan orang dewasa.
  6. Mampu mengerti keinginan orang lain atau lingkungannya.
  7. Mulai menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
  8. Mulai menghargai orang lain.
  9. Terbiasa dengan berbagi.
  10. Menjadi pendengar dan pembicara yang baik.
  11. Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri.
  12. Mengenal peraturan dan mengikuti peraturan.
  13. Memilih teman bermain.
  14. Meminta izin untuk memakai benda milik orang lain.
  15. Menikmati kedekatan sementara dengan salah satu teman bermain.
  16. Mampu memilih kegiatan sendiri.
  17. Mampu memulai interaksi sosial dengan teman dalam suasana bermain dan gembira.
  18. Mampu mengenal sopan santun dan menunjukkannya.
  19. Memiliki kebiasaan hidup dan sikap teratur.
  20. Mampu bersikap disiplin melalui kegiatan sehari-hari misalnya mencuci tangan sebelum makan.
  21. Mampu menggunakan toilet.
  22. Mampu menunjukkan konsekuensi apabila berbuat salah atau benar.

J. Pengembangan Intrapersonal
  1. Mulai memahami pengertian perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
  2. Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan Tuhan.
  3. Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
  4. Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan berbeda).
  5. Mulai menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan
  6. Mengenal etiket makan dan jadwal makan teratur.
  7. Mampu menunjukkan antusiasme.
  8. Tidak menangis jika berpisah dengan orang tua.
  9. Dapat memilih kegiatan sendiri.
  10. Membereskan mainan setelah selesai bermain.
  11. Mengerti akibat jika melakukan kesalahan/melanggar aturan
  12. Memiliki kebiasaan teratur.
  13. Pergi sendiri ke rumah teman yang sudah dikenal (sekitar rumah)
  14. Mampu membuat sesuatu berdasarkan imajinasinya.
  15. Dapat menunjukkan kebanggaan terhadap hasil karyanya.
  16. Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas.
  17. Dapat memilih pasangan pakaian sendiri

K. Pengembangan Naturalis
  1. Menyebutkan contoh ciptaan Tuhan secara sederhana
  2. Memahami perbedaan antara dua hal jenis yang sama seperti membedakan antara buah rambutan dan pisang, perbedaan antara ayam dan kucing.
  3. Membedakan bau.
  4. Mampu mengenal lingkungan sekitarnya melalui panca indera.

0 comments:

Post a Comment

Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.

 

Never Stop Learning Copyright © 2011 Designed by Ipietoon Blogger Template Sponsored by New Baby Shop