Karakteristik Perkembangan Anak Usia 3 - 4 Tahun Berbasis Kecerdasan Jamak
A. Pengembangan Linguistik
- Pura-pura membaca cerita bergambar dalam buku dengan kata-kata sendiri.
- Mulai memahami dua perintah yang diberikan bersamaan contoh : ambil mainan di atas meja lalu berikan kepada ibu pengasuh atau pendidik.
- Memahami 3 bahasa isyarat (tangan, kepala, wajah)
- Mulai menyatakan keinginan dengan mengucapkan kalimat sederhana (saya ingin main bola).
- Mulai menceritakan pengalaman yang dialami dengan cerita sederhana.
- Mengajukan pertanyaan lebih banyak
- Menyebutkan nama benda dan fungsi.
- Minta dibacakan buku-buku.
- Mengulang sedikitnya 3 benda terakhir yang berurutan disebutkan
- Mampu menirukan kembali kata-kata dengan pengucapan yang benar.
- Mampu mengenal dan menirukan berbagai jenis suara.
- Mampu menyebutkan nama, jenis kelamin dan umur
- Mampu menyebutkan nama panggilan teman atau orang lain.
- Mampu menjawab pertanyaan sederhana.
- Mampu berbicara dengan suara yang cukup terdengar.
- Mampu berbicara lancar dengan kalimat sederhana.
- Mampu mengungkapkan sesuatu dengan kalimat pendek 3-4 kata.
- Mampu mengenal kata yang menunjukkan posisi seperti di atas, di bawah, di depan, di belakang.
- Mampu mengenal dan menyebutkan waktu (pagi, siang, malam).
- Mampu mendengarkan dan menceritakan kembali cerita sederhana dengan urut dan mudah dipahami.
- Mampu membuat pertanyaan dengan menggunakan kata "apa", "mengapa", dan "kenapa".
- Mampu memberi judul hasil karyanya.
- Sudah menunjukkan minat untuk dibacakan buku.
- Menunjukkan 6 gerakan orang pada gambar (duduk, berdiri, minum, makan, bertepuktangan, salaman)
- Anak tahu bahwa segala sesuatu mempunyai nama
B. Pengembangan Kognitif Logika Matematika
- Menyebutkan berbagai nama makanan dan rasanya (garam, gula atau kopi).
- Memahami perbedaan antara dua hal jenis yang sama seperti membedakan antara buah rambutan dan pisang, perbedaan antara ayam dan kucing.
- Mampu mengenal konsep makna berlawanan kosong-penuh, berat-ringan.
- Mampu mengenal ukuran (panjang-pendek, besar-kecil).
- Menempatkan benda dalam urutan ukuran (paling kecil - paling besar).
- Mulai mengikuti pola tepuk tangan.
- Mengenal konsep banyak dan sedikit.
- Mengelompokkan benda yang sama dan sejenis.
- Menyebutkan 4 bentuk (lingkaran, bujursangkar, segitiga, persegipanjang)
- Menyebutkan bilangan 1-10 tanpa mengenal konsep
- Mengelompokkan warna (lebih 5 warna) dan menyebutkan warna.
- Menghitung 1 sampai 5 benda yang sama.
- Membaca peta
- Menyebutkan berbagai nama binatang, tanaman, sayuran, biji-bijian
C. Pengembangan Kinestetik - Motorik Kasar
- Berlari sambil membawa sesuatu yang ringan (bola).
- Naik turun tangga atau tempat yang lebih tinggi dengan kaki bergantian.
- Meniti di atas papan yang cukup lebar.
- Melompat turun dari ketinggian kurang lebih 20 cm (di bawah tinggi lutut anak)
- Meniru gerakan senam sederhana seperti menirukan gerakan pohon, kelinci melompat, kupu-kupu terbang, burung terbang
- Mampu berjalan pada garis lurus.
- Mampu berlari atau melompat di tempat.
- Memanjat.
- Berjalan di atas papan titian dengan tinggi 20 cm.
- Mampu berjalan mundur sejauh 1 meter.
- Mampu berjalan dengan jari kaki (berjinjit).
- Mampu berdiri di atas salah satu kaki selama 5-10 detik.
- Mampu berdiri dengan tumit.
- Menendang, melempar, menangkap bola dengan jarak lebih jauh
- Melompat dengan satu kaki bergantian.
- Mampu melompat dengan 2 kaki sebanyak 4 kali.
- Merayap dan merangkak lurus ke depan
- Mampu menaiki kursi dan berdiri diatasnya.
- Berjingkat (berjalan bertumpu pada ujung jari kaki)
- Mampu mendorong, menarik dan mengendarai sepeda roda tiga (koordinasi tampak baik)
- Engklek (melompat dengan satu kaki sebanyak 3-5 kali)
- Mampu berlari dengan cepat memasang jepit jemuran di baju teman
D. Pengembangan Kinestetik - Motorik Halus
- Menuang air, pasir atau biji-bijian ke dalam tempat penampung (mangkuk, ember).
- Memasukkan benda kecil ke dalam botol (potongan lidi, kerikil, biji-bijian).
- Meronce manik-manik yang tidak terlalu kecil dengan benang yang agak kaku.
- Membedakan permukaan 5 jenis benda melalui perabaan.
- Menggunting kertas mengikuti pola
- Melipat kertas mengikuti garis
- Menarik garis datar dan tegak
- Membuat lingkaran, segiempat, bujursangkar
- Mampu menaburkan manik-manik mengikuti bentuk pola.
- Mampu merangkai bunga
- Mampu mengaduk campuran air ditambah media lain
- Mampu makan sendiri dengan sendok tanpa menumpahkan makanan
- Mampu mengupas dan memotong buah
- Mampu menusuk sate
E. Pengembangan Kognitif Visual Spasial
- Membuat garis lurus, vertikal, melengkung.
- Memasang dan mencopot sepatu sendiri
- Memasang dan mencopot kancing baju sendiri
- Menjahit sederhana dengan berbagai media misal benang wol, tali sepatu.
- Menemukan/mengenali bagian yang hilang dari suatu pola gambar wajah orang, mobil dsb.
- Mengenali 8 warna dasar
- Memecahkan persoalan (tenggelam/mengambang, mur/baut, bermain puzzle)
- Mengenal beberapa huruf alphabet
F. Pengembangan Seni - Visual Spasial
- Mampu menggambar bebas dengan berbagai media misal pensil warna, crayon, spidol, cat.
- Mampu bermain warna dengan berbagai media misal crayon, cat air, spidol.
- Melukis dengan jari.
- Mampu mewarnai bentuk gambar sederhana.
- Mampu berkreasi bebas dengan berbagai media misal pasir pantai, tanah liat
G. Pengembangan Seni - Musikal
- Mampu menyanyikan lagu anak-anak dan lagu sederhana.
- Menggerakkan tangan, kepala atau kaki jika mendengar musik
- Menyanyikan bagian lagu sesuai irama
- Bertepuk tangan membentuk irama
- Dapat memukul-mukul benda dengan tangan.
- Membuat bunyi-bunyian dengan berbagai alat
H. Pengembangan Spiritual
- Mulai memahami pengertian perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
- Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan Tuhan.
- Mengikuti nyanyian lagu keagamaan
- Mengikuti bacaan doa dengan lengkap sebelum melakukan kegiatan dan menirukan sikap berdooa.
- Menirukan kegiatan beribadah dengan tertib (sholat, berwudhu)
- Menyebutkan contoh ciptaan Tuhan secara sederhana
- Menyebut nama Tuhan yaitu Allah
- Mengucapkan salam
- Biasa menggunakan kalimat toyyibah sesuai situasi kondisi
- Mengenal makna syukur kepada Allah ketika mendapat banyak kenikmatan yang Allah berikan
- Mengenal tentang sifat-sifat Allah : Maha Esa, Ar Rahim (Maha Penyayang), Ar Rahman (Maha Pemberi)
- Mampu berpartisipasi dalam hal keagamaan.
- Menunjukkan rasa senang jika mendengar cerita keagamaan.
- Mampu menyanyikan lagu-lagu keagamaan.
- Mengenal sifat-sifat yang dimiliki Rasulullah sejak masih kecil (jujur, hormat ortu, rajin, penyayang, sopan, pemberani, amanah, cerdas)
- Mampu mengucapkan 2 kalimat syahadat
- Mulai memahami siapa Rabbnya, Nabinya, agamanya, kitabnya
- Mulai memahami tata cara berzakat dan tujuan berzakat
- Mampu menyebutkan sifat/sikap yang bagaimana yang akan menyebabkan dia disayang Allah
- Mampu mengamalkan mengucap Bismillahirohmanirokhim ketika memulai segala sesuatu
- Mampu membedakan ciptaan Allah dan ciptaan manusia
- Mau berinfak
I. Pengembangan Interpersonal
- Menyayangi orang tua, orang di sekeliling, teman, guru, pembantu, binatang dan tanaman.
- Mengucapkan terima kasih setelah menerima sesuatu (dengan dorongan)
- Mengucapkan kata-kata santun (maaf, tolong)
- Menghargai teman dan tidak memaksakan kehendak.
- Menirukan kegiatan/pekerjaan orang dewasa.
- Mampu mengerti keinginan orang lain atau lingkungannya.
- Mulai menunjukkan sikap toleran sehingga dapat bekerja dalam kelompok.
- Mulai menghargai orang lain.
- Terbiasa dengan berbagi.
- Menjadi pendengar dan pembicara yang baik.
- Sabar menunggu giliran dan terbiasa antri.
- Mengenal peraturan dan mengikuti peraturan.
- Memilih teman bermain.
- Meminta izin untuk memakai benda milik orang lain.
- Menikmati kedekatan sementara dengan salah satu teman bermain.
- Mampu memilih kegiatan sendiri.
- Mampu memulai interaksi sosial dengan teman dalam suasana bermain dan gembira.
- Mampu mengenal sopan santun dan menunjukkannya.
- Memiliki kebiasaan hidup dan sikap teratur.
- Mampu bersikap disiplin melalui kegiatan sehari-hari misalnya mencuci tangan sebelum makan.
- Mampu menggunakan toilet.
- Mampu menunjukkan konsekuensi apabila berbuat salah atau benar.
J. Pengembangan Intrapersonal
- Mulai memahami pengertian perilaku yang berlawanan meskipun belum selalu dilakukan seperti pemahaman perilaku baik-buruk, benar-salah, sopan-tidak sopan
- Mulai memahami arti kasihan dan sayang kepada ciptaan Tuhan.
- Mulai bisa melakukan buang air kecil tanpa bantuan.
- Bereaksi terhadap hal-hal yang dianggap tidak benar (marah apabila diganggu atau diperlakukan berbeda).
- Mulai menunjukkan ekspresi menyesal ketika melakukan kesalahan
- Mengenal etiket makan dan jadwal makan teratur.
- Mampu menunjukkan antusiasme.
- Tidak menangis jika berpisah dengan orang tua.
- Dapat memilih kegiatan sendiri.
- Membereskan mainan setelah selesai bermain.
- Mengerti akibat jika melakukan kesalahan/melanggar aturan
- Memiliki kebiasaan teratur.
- Pergi sendiri ke rumah teman yang sudah dikenal (sekitar rumah)
- Mampu membuat sesuatu berdasarkan imajinasinya.
- Dapat menunjukkan kebanggaan terhadap hasil karyanya.
- Menunjukkan rasa percaya diri dalam mengerjakan tugas.
- Dapat memilih pasangan pakaian sendiri
K. Pengembangan Naturalis
- Menyebutkan contoh ciptaan Tuhan secara sederhana
- Memahami perbedaan antara dua hal jenis yang sama seperti membedakan antara buah rambutan dan pisang, perbedaan antara ayam dan kucing.
- Membedakan bau.
- Mampu mengenal lingkungan sekitarnya melalui panca indera.
0 comments:
Post a Comment
Kalau ada pertanyaan, usul/saran, atau komentar yang terkait dengan postingan-postingan saya, silakan tinggalkan pesan Anda disini.